Ramadhan: Bulan Penuh Berkah dan Momen untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik


Bulan Suci Ramadhan telah tiba, membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari Rukun Islam, dan diharapkan semua umat Muslim melaksanakannya. Puasa ini bukan hanya menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga dari perilaku buruk dan pikiran negatif. Selain puasa, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat tarawih, sholat malam khusus yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Ini adalah waktu untuk merenung dan memperdalam hubungan dengan Allah. Bagi banyak orang, Ramadhan adalah waktu untuk meningkatkan spiritualitas, berbagi kebahagiaan, dan menjalin kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman. Salah satu kegiatan yang sering saya lakukan saat Ramadhan kali ini selain puasa dan sholat sunnah tarawih adalah buka puasa bersama keluarga & teman-teman, meningkatkan tadarus Al-Qur’an dan berbagi takjil.

Buka puasa bersama ini bukan hanya sekedar makan bersama, tetapi juga momen untuk saling berbagi, saling memaafkan, dan mempererat tali silaturahmi. Biasanya saya berbuka dengan kurma dan air putih, diikuti dengan makanan penutup dan makanan utama yang lezat. Suasana hangat dan penuh cinta ini membuat Ramadhan menjadi lebih berarti. Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an. Oleh karena itu, saya juga berusaha untuk meningkatkan tadarus membaca Al-Qur’an. Setiap hari, saya meluangkan waktu khusus untuk membaca dan merenungkan makna ayat-ayat-Nya. Membaca Al-Qur’an tidak hanya membawa kedamaian dan ketenangan hati, tetapi juga membantu saya untuk lebih memahami ajaran-ajaran Islam. Berbagi takjil adalah kegiatan lain yang saya lakukan selama Ramadhan. Saya dan teman-teman saya membagikan takjil gratis kepada orang-orang yang melintas di jalan. Melihat senyum bahagia mereka saat menerima takjil adalah hal yang sangat memuaskan. Kegiatan ini mengingatkan saya bahwa berbagi adalah salah satu esensi dari Ramadhan
.
Ramadhan Kareem 1445 H ini telah membawa banyak kebahagiaan dan hikmah. Melalui buka puasa bersama, tadarus Al-Qur’an, dan berbagi takjil, saya merasakan indahnya berbagi, kebersamaan, dan spiritualitas. Semoga Ramadhan ini menjadi momentum untuk kita semua menjadi pribadi yang lebih baik. 

Foto :



Video :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Life Mapping

Resume Dosen Unusa Inisiasi Gerakan Masyarakat Peduli HIV/AIDS